Training Hazard Identification Risk Assessment & Risk Control (HIRARC) | Sertifikasi by Synergy Solusi | Training Category

HIRARC

LATAR BELAKANG TRAINING HIRARC

Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang baik membutuhkan organisasi yang dapat mengidentifikasi risiko kerja dan Kesehatan kerja dari setiap proses yang dijalankan dan Lingkungan kerja mereka untuk menentukan risiko-risiko apa saja yang dapat dan tidak dapat ditoleransi dari pihak-pihak yang berkepentingan.

Terlebih lagi, sebagaimana yang dipersyaratkan oleh hukum, setiap organisasi perlu memiliki system kerja yang aman untuk memastikan bahaya dapat dicegah untuk semua karyawan, termasuk pengunjung dan kontraktor.

Sistem kerja yang aman mencakup prosedur dan instruksi kerja yang aman. Untuk mengetahui bahwa system kerja yang aman memadai, identifikasi bahaya dan penilaian risiko perlu dilakukan.

Ada beberapa metode dan alat yang digunakan untuk menilai dan mengendalikan risiko seperti identifikasi bahaya, penilaian risiko dan manajemen risiko, HAZOPS, FMEA, Checklist, What If, Fault Tree Analysis, Event Tree Analysis, Cause Analysis Consequences, dan sebagainya. Beberapa metode yang basa digunakan di berbagai perusahaan akan dibahas didalam pelatihan ini antara lain Job Safety Analysis (JSA) dan HIRADC.

TUJUAN:

Peserta akan memahami pentingnya melakukan HIRARC untuk dapat mengenali dan mengendalikan bahaya dan risiko di tempat kerja, untuk mencegah kecelakaan dan loss.

MATERI TRAINING:

  1. Overview dari Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3)
  2. Konsep Hazard Identification and Risk Assessment
  3. Proses Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC)
  4. Alat untuk melakukan Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC)
  5. Job Safety Analysis (JSA)
  6. Praktek pengisian Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC)
  7. Workshop

PESERTA:

  1. Officer
  2. Supervisor
  3. Manager

Daftar

 
 
 
Web Analytics