Waspada Bencana, Sistem Manajemen Bencana jadi Solusi agar Pengusaha Tak Merugi

Indonesia diketahui menjadi negara yang tergolong rawan bencana, mulai dari gempa bumi, banjir, gunung meletus, hingga tsunami. Daerah yang rawan bencana di sepanjang "Ring of Fire" mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga Maluku. Belum lagi rawan banjir hingga tanah longsor di hampir setiap titik wilayah Indonesia.

Melihat kondisi ekonomi yang sedang berkembang saat ini, para pengusaha dituntut memiliki tingkat kesiapsiagaan yang tinggi terhadap bencana agar musibah yang terjadi tak sampai menimbulkan kerugian besar terhadap bisnisnya.

Synergi Solusi member of Proxsis Group menyelenggarakan sharing discussion bersama para alumni dan komunitas HSE serta Migas yang tergabung bersama Synergy Solusi dengan tema "Membangun Kapasitas dan Kapabilitas Kesiapsiagaan Perusahaan dalam Menghadapi Bencana" di Jakarta pada Senin, 21 Maret 2019.

Acara yang menghadirkan Fahmi Munsah Ismail sebagai pembicara ini, membahas bagaimana kesiapsiagaan perusahaan dalam menghadapi bencana. Synergy Solusi berharap, anggota komunitas dan alumni yang hadir dapat saling bertukar pikiran dalam hal kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana agar bencana yang sewaktu-waktu datang, tidak berdampak terlalu jauh terhadap proses bisnis masing-masing.

Kondisi Indonesia yang rawan bencana ini tak mesti membuat mental pelaku bisnis mengurungkan diri untuk berinvestasi atau mengembangkan usaha. Sebaliknya, aktivitas ekonomi tetap harus dibangun dengan tetap bersahabat dengan alam.

Gathering yang dipelopori oleh Synergy Solusi ini melakukan pengkajian secara detail bagaimana langkah-langkah preventif para pengusaha menghadapi bencana. Sejatinya, musibah yang datang bukan untuk dikhawatirkan, apalagi ditakuti.

Dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana, kita akan mencegah terjadinya kehilangan dan kerugian yang besar akibat dari kejadian bencana. Karena dampak yang dihasilkan dari kejadian bencana akan berbeda dengan kejadian kecelakaan, terutama dalam hal besarnya konsekuensinya, masa terjadinya sampai berakhir, hingga dampaknya yang dapat tereskalasi, menjalar atau menyebar.

Salah satu cara Membangun Kapasitas dan Kapabilitas Kesiapsiagaan Perusahaan dalam Menghadapi Bencana adalah dengan menerapkan sistem manajemen bencana. Dengan menerapkan sistem manajemen bencana, kita dapat secara sekaligus memenuhi legalitas yang dipersyaratkan oleh pemerintah dan standar internasional terkait kesiapsiagaan bencana, memberikan keamanan bagi para karyawan, melindungi proses bisnis perusahaan, serta melindungi lingkungan sekitar perusahaan dari kerusakan yang lebih parah.

Synergy Solusi member of Proxsis Group senantiasa membantu perusahaan dalam usaha menerapkan sistem manajemen bencana dan mencegah terjadinya kerugian lebih besar akibat bencana melalui layanan-layanan yang kami miliki. Informasi terkait layanan kami terkait manajemen bencana dapat diakses melalui link berikut ini.

 

 
 
 
Web Analytics