News

We provide the latest news to stay update with what's happening now.

Untuk memotivasi perusahaan, pemerintah daerah dan pekerja di Indonesia dalam mengimplementasikan keselamatan dan kesehatan kerja, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) menganugerahi penghargaan di bidang K3 dalam acara Malam Penganugerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tahun 2019.


Penghargaan yang diberikan antara lain penghargaan kecelakaan nihil (zero accident), penghargaan SMK3, dan penghargaan program pencegahan HIV-AIDS, serta penghargaan pembina K3 (khusus untuk gubernur). Penyerahan penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri di Hotel Bidakara Jakarta pada Senin, 22 April 2019.

Dalam sambutannya, Menteri Ketenagakerjaan RI ini menyampaikan bahwa dunia usaha perlu meningkatkan kepedulian K3 karyawan atau pegawai karena K3 merupakan investasi yang sangar baik agar produksi perusahaan bisa terus dijaga dan ditingkatkan.  Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa pentingnya K3 sebagai upaya pengendalian agar tidak terjadi kecelakaan dan penyakit pada pekerja seiring semakin luasnya lapangan kerja di era revolusi industri 4,0 ini.

Pemberian penghargaan kepada pengusaha atau pemerintahan terkait dengan K3 ini juga tidak lain sebagai upaya peningkatan pelaksanaan K3 di samping cara-cara yang sebelumnya sudah dilakukan seperti kampanye, seminar, sosialisasi dan pelatihan serta pengawasan K3.

Sebanyak 1.052 perusahaan mendapatkan kategori penghargaan kecelakaan nihil. 1.466 perusahaan mendapatkan kategori perusahaan yang menerapkan SMK3 berdasarkan hasil audit, 172 perusahaan mendapatkan penghargaan karena menjalankan program pencegahan HIV-AIDS di tahun 2019. Tidak hanya kepada pengusaha dan pemerintah, penghargaan K3 ini juga diberikan kepada 17 Gubernur di Indonesia yang berhasil menjadi pembina K3 terbaik.

Dengan adanya penghargaan ini, perusahaan-perusahaan ataupun lembaga pemerintahan diharapkan dapat termotivasi untuk meningkatkan kepedulian mereka terhadap K3 dan perlindungan terhadap tenaga kerja mereka.

Referensi : https://money.kompas.com/read/2019/04/23/130810126/menteri-tenaga-kerja-beri-penghargaan-k3-untuk-gubernur-dan-pengusaha

Web Analytics

Infografis

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Rini

0811-1798-350

 

For Training in Surabaya, Makassar & Bali

Call Laksmi

+62 811-1798-354

 

Latest Event

Inhouse Training Teknisi K3 Listrik di PT Indonesia Comnet Plus
Public Training Ahli K3 Umum ISC Safety School Surabaya
Inhouse Training Awareness Safety Construction PT Acset Indonusa Tbk
Inhouse Training Risk Management Safety PT. Vopak Terminal Merak
Inhouse Training Operator Boomlift PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia

Get Our Regular Safety Ebook

Stay on top of the latest and greatest

Follow us on

Web Analytics