News

We provide the latest news to stay update with what's happening now.

JAKARTA -Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Covid-19 tidak menular lewat udara. Namun, bisa terinfeksi apabila seseorang menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung, mulut sebelum mencuci tangan.  Sebagaimana yang ditulis oleh akun resmi @who bahwa virus corona dapat menyebar melalui percikan.

The virus that causes Covid-19 is mainly transmitted through droplets generated when an infected person cough, sneezes, or speaks (Virus yang menyebabkan Covid-19 terutama ditularkan melalui tetesan (percikan) yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara,” ungkap unggahan instagram @who, (29/3).

WHO menyatakan percikan (droplet) tidak dapat bertahan di udara sebab memiliki berat dan cepat jatuh ke lantai atau permukaan. Sementara itu, Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam, mengatakan belum ada penelitian resmi yang menyebutkan virus corona (Covid-19) dapat menular lewat udara.

"Enggak itu hoaks, jadi sampai saat ini bahwa belum ada pembuktian bahwa dia (virus) airborne atau ada di udara, tapi ketika dia berbicara dan droplets-nya lepas, iya," kata Ari, Minggu (5/4).

Sampai saat ini, kata dia, penularan virus Corona masih tetap melalui droplets yang menempel pada tangan atau permukaan lainnya.

"Anda bersin, Anda tidak menggunakan masker, Anda bisa menularkan ke orang sekitar. Di beberapa laporan di luar itu bahwa sopir menularkan ke penumpang sama satu lagi bisa saja," kata Ari.

Sementara itu, hingga per 5 April 2020 ini, juru bicara pemerintah dalam penanganan virus corona (Covid-19), Achmad Yurianto melaporkan penambahan kasus positif sebanyak 106 orang. Maka, total kasus positif pun ada di angka 2.092 orang.

"Pada hari ini kami melakukan pendataan dan merekap seluruh data. Kita prihatin masih ada penambahan kasus untuk konfirmasi positif bertambah 106 kasus total 2.092 kasus konfirmasi positif dengan pemeriksaan molekuler," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Sabtu (4/4).

 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari penularan Covid-19 yakni:

  1. Jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain
  2. Membersihkan tangan secara teratur
  3. Hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung
  4. Rajin cuci tangan

Synergy Solusi (member of Proxsis) sebagai perusahaan yang peduli dan mendukung penuh Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) mengajak rekan-rekan untuk terus rutin mendisinfeksi permukaan benda yang sering kita sentuh. Mari, kita terus waspada dan menjaga kesehatan kita dan orang-orang di sekitar kita.

 

Sumber:

Olahan tim penulis www.digitalfinger.id dari berbagai sumber nasional.tempo.co

Web Analytics

Infografis

Event ILDL

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Wita

0811-1797-484

 

For Training in Surabaya, Makassar & Bali

Call Laksmi

+62 811-1798-354

 

Latest Event

Inhouse Training Teknisi K3 Listrik di PT Indonesia Comnet Plus
Public Training Ahli K3 Umum ISC Safety School Surabaya
Inhouse Training Awareness Safety Construction PT Acset Indonusa Tbk
Inhouse Training Risk Management Safety PT. Vopak Terminal Merak
Inhouse Training Operator Boomlift PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia

Get Our Regular Safety Ebook

Stay on top of the latest and greatest

Follow us on

Web Analytics