Mengapa Process Safety Management Perlu Diimplementasikan?

News

We provide the latest news to stay update with what's happening now.

Beberapa pimpinan perusahaan masih belum memahami apa sejatinya urgensi dari penerapan Process Safety Management (PSM) di perusahaan. PSM dianggap bukan menjadi salah satu prioritas dalam penerapan sistem manajemen dalam perusahaan. Lantas mengapa perusahaan membutuhkan sistem manajemen ini?

PSM dapat diartikan sebagai sistem manajemen yang dilakukan perusahaan melalui pendekatan proaktif dalam mengidentifikasi, memberikan pengertian dan pengendalian terhadap bahaya dari keseluruhan aktivitas ataupun proses sebagai upaya perlindungan di tempat kerja. Tujuan utama PSM adalah untuk mencegah kebocoran bahan kimia berbahaya yang tidak diinginkan, terutama ke lokasi yang dapat membuat karyawan dan orang lain menghadapi bahaya serius.

Kebocoran tak terduga dari cairan dan gas beracun, reaktif, atau mudah terbakar dalam proses yang melibatkan bahan kimia yang sangat berbahaya sering kali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan kerja di beberapa bidang industri. Terlepas dari industri yang menggunakan bahan kimia berbahaya, ada potensi untuk kebocoran tidak disengaja yang dapat terjadi kapan saja jika tidak terkontrol dengan baik. Ini, pada akhirnya akan menciptakan kemungkinan bencana.

Beberapa bencana besar yang melibatkan bahan kimia yang sangat berbahaya menarik perhatian dunia internasional terhadap potensi bencana besar. Contohnya saja kebocoran gas beracun yang terjadi di India dan Cina beberapa waktu lalu hingga menewaskan banyak orang dan korban cedera lainnya.

Kebocoran bahan kimia berbahaya terus menjadi ancaman signifikan bagi karyawan dan memberikan dorongan, secara internasional dan nasional, bagi pihak berwenang untuk mengembangkan atau mempertimbangkan pengembangan undang-undang dan peraturan untuk menghilangkan atau meminimalkan potensi peristiwa semacam itu.

Oleh karena itu, standar PSM dikeluarkan untuk menekankan manajemen bahaya yang terkait dengan bahan kimia yang sangat berbahaya dan menetapkan program manajemen komprehensif yang mengintegrasikan teknologi, prosedur, dan praktik manajemen.

Synergy Solusi member of Proxsis Group, senantiasa berkomitmen turut memberikan kontribusi dalam membantu perusahaan untuk menerapkan Process Safety Management berdasarkan standar yang berlaku untuk mengelola bahaya, risiko dan pengendalian yang harus dilakukan pada proses yang ada di tempat kerja melalui pendekatan nilai tambah serta pengelolaan perubahan. Melalui peningkatan kompetensi serta pendamipngan yang dilakukan, Synergy Solusi berpengalaman dengan ide-ide kreatif sehingga terbukti keefektifan dan optimalisasinya dalam mensukseskan lebih dari 1000 perusahaan di Indonesia.

sumber: OSHA

 

 

Web Analytics

Event ILDL

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Wita

0811-1797-484

 

For Training in Surabaya, Makassar & Bali

Call Laksmi

+62 811-1798-354

 
Web Analytics