Keterampilan dan Kompetensi apa yang harus dimiliki oleh Auditor Internal?

News

We provide the latest news to stay update with what's happening now.


Sebelumnya kita sudah membahas tips untuk menghadapi audit K3, beberapa hal yang harus kita siapkan adalah sumber daya manusia (karyawan), informasi terdokumentasi, proses, Tindakan preventif dan korektif, serta tempat kerja. Agar semua hal bisa dipersiapkan dengan baik, salah satu cara untuk melancarkan proses audit K3 adalah dengan melakukan audit internal di perusahaan sebelum audit K3 dilaksanakan bersama badan sertifikasi yang dipilih. Peran Auditor Internal sangat krusial dalam proses audit internal ini untuk menggambarkan seluruh proses bisnis yang dilakukan.

Perubahan dalam lingkungan bisnis, bersama dengan kasus-kasus salah urus dan tata kelola yang buruk, telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kebutuhan untuk kegiatan audit internal yang kompeten yang menyediakan salah satu landasan sistem manajemen K3 (SMK3) perusahaan yang efektif.

Singkatnya, auditor internal memeriksa dan menganalisis data-data perusahaan, informasi, proses bisnis, dan hal lain yang harus dipersiapkan untuk audit K3. Tugas auditor adalah untuk menilai dan mengevaluasi operasi organisasi dengan tujuan mengidentifikasi peluang untuk perbaikan dan mengurangi kesalahan.

Agar seluruh situasi yang ada di perusahaan dapat tergambar dengan baik, beberapa keterampilan dan kompetensi inti wajib dimiliki oleh seorang auditor internal dalam melakukan audit internal, di antaranya:

auditor internal

  1. Keterampilan komunikasi, termasuk komunikasi lisan, penulisan laporan, dan keterampilan presentasi
  2. Keterampilan memecahkan masalah (mis., Pemikiran konseptual dan analitis)
  3. Kemampuan untuk mempromosikan nilai audit internal di antara karyawan kunci dalam organisasi
  4. Mengikuti perkembangan perubahan peraturan dan standar industri
  5. Pengetahuan dalam audit, seperti standar audit internal dan standar etika profesional.
  6. Pengetahuan dalam manajemen risiko perusahaan (mis., Analisis risiko dan penilaian kontrol)

Kompetensi lain yang diidentifikasi dalam survei adalah keterampilan organisasi, keterampilan manajemen perubahan, pemikiran kritis, kerja tim, dan keterampilan negosiasi.

Meskipun peran auditor internal dalam organisasi bukanlah hal baru bagi lingkungan bisnis, namun beberapa orang yang diberikan tanggung jawab sebagai auditor internal, masih belum bisa menggambarkan secara keseluruhan situasi di perusahaan dan melewatakan risiko yang ada.

Synergy Solusi member of Proxsis sebagai perusahaan yang menyediakan solusi dibidang K3, Lingkungan, Migas dan Energi, dapat membantu perusahaan yang membutuhkan bantuan dalam melakukan internal audit baik melalui workshop, pendampingan, maupun pelatihan agar auditor internal yang dapat membantu manajemen di tingkat strategis, sistem dan operasional dalam organisasi, untuk memastikan bisnis yang terus meningkat dan berkelanjutan.

Sumber: D&V dan Researchgate 

Web Analytics

Event ILDL

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Wita

0811-1797-484

 

For Training in Surabaya, Makassar & Bali

Call Laksmi

+62 811-1798-354

 
Web Analytics