Ini yang Harus Anda Ketahui tentang Virus Corona (Penyebaran dan Cara Pencegahannya)

Bermula di Wuhan, Tiongkok, virus corona telah menjadi pandemi yang menggegerkan masyarakat dunia. Per 18 Maret 2020, telah ditemukan 198.422 kasus di seluruh dunia dengan korban jiwa berjumlah 7.987. Virus ini telah berdampak ke beberapa sektor di antaranya instansi pemerintahan, swasta, sekolah, pariwisata, dan sektor lainnya yang memutuskan untuk meminimalkan atau menghentikan aktivitas mereka.

Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi pandemi ini. Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari virus corona, mulai dari yang sederhana.

Sebelum itu, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu bagaimana virus corona ini dapat menyebar di antara kita supaya kita juga bisa lebih serius dalam melakukan langkah pencegahannya.

Penyebaran virus corona

Dikutip dari situs CDC Amerika Serikat, berikut beberapa cara bagaimana virus corona ini dapat menyebar.

  • Penyebaran orang ke orang
  • Cara ini adalah yang dianggap cara utama bagaimana virus corona dapat menyebar, yaitu dari orang ke orang. Perlu diketahui bahwa virus corona dapat menyebar melalui tetesan atau percikan air (droplet) pernapasan yang disebarkan ketika seorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Jadi, virus corona dapat menyebar di antara orang yang berada di jarak dekat satu sama lain dalam jarak kurang dari 2 meter. Ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk, droplet-nya dapat mendarat di mulut, hidung, atau mata orang terdekat dan terhirup ke paru-paru.

    Penderita yang paling menular adalah penderita yang menunjukkan gejala paling parah atau sedang dalam kondisi paling sakit. Virus corona juga dapat menular sebelum penderita menunjukkan gejala apa pun, namun ini bukan cara utama penyebarannya.

  • Penyebaran melalui permukaan atau objek yang terkontaminasi
  • Seperti telah dijelaskan di atas, virus corona utamanya menyebar melalui droplet pernapasan dan tidak serta-merta tersebar di udara. Namun, ketika penderita batuk atau bersin dengan tidak memperhatikan etika batuk dan bersin yang benar, droplet tersebut tidak hanya akan mendarat langsung di orang lain, tapi bisa jadi mendarat di permukaan atau benda di sekitarnya. Jika virus corona di permukaan tersebut masih aktif, maka orang lain yang menyentuh permukaan tersebut berpotensi terinfeksi virus corona.

  • Pencegahan penyebaran virus corona
  • Memahami poin-poin di atas, maka metode dan cara pencegahan dapat dilakukan. Salah satunya adalah yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO). Berikut beberapa cara pencegahan sederhana yang dapat kita lakukan sehari-hari.

  • Sering mencuci tangan
  • Mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh adalah hal yang sangat dianjurkan untuk mencegah infeksi virus corona. Yang terpenting, cuci tangan menggunakan sabun dan air atau hand sanitizer yang mengandung alkohol. Mengapa? Karena dengan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

  • Menjaga social distancing
  • Jaga jarak dengan orang lain setidaknya pada jarak 1 meter, terutama orang yang sedang batuk atau bersin-bersin. Jika Anda terlalu dekat dengan orang tersebut, Anda dapat menghirup droplet-nya, termasuk virus corona yang terkandung di dalamnya.

  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut
  • Seperti telah dijelaskan di atas, virus corona dapat menyebar secara langsung dari orang ke orang atau melalui kontak permukaan objek, dan masuk lewat mata, hidung, atau mulut. Dalam kesehariannya, tangan kita menyentuh banyak objek mulai dari tangan orang lain saat berjabat tangan hingga permukaan benda lain. Maka dari itu, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut terutama ketika belum mencuci tangan.

  • Praktikkan kebersihan pernapasan
  • Pastikan Anda dan orang di sekitar Anda sadar akan kebersihan pernapasan yang baik. Artinya, tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu atau siku ketika batuk atau bersin. Jika menggunakan tisu, segera buang tisu tersebut. Dengan menerapkan kebersihan pernapasan yang baik, Anda telah membantu melindungi orang-orang di sekitar Anda.

  • Jika Anda demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segera periksakan diri Anda
  • Jika Anda merasa tidak enak badan, tetap tinggal di rumah. Jika Anda demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segera periksakan diri Anda ke tenaga medis.

  • Ikuti kabar terbaru dan anjuran dari pihak yang terkait
  • Selalu ikuti kabar terbaru terkait virus corona. Selain itu, ikuti pula anjuran dari pihak-pihak yang terkait seperti imbauan pemerintah, pakar-pakar kesehatan, atau atasan Anda tentang bagaimana cara terbaik melindungi diri Anda dan yang di sekitar Anda dari virus corona.

Nah, itulah rangkuman kami tentang penyebaran virus corona dan bagaimana Anda dapat mencegahnya. Langkah di atas tidak sulit, bukan? Perhatikan dan mulai dari diri Anda sendiri. Setelah itu, edukasi orang di sekitar Anda. Yang terpenting, tetap waspada dan tidak perlu panik.
Semoga bermanfaat. Tetap tenang, tetap sehat!


Sumber: cdc.gov, who.int
 
 
 
Web Analytics