Gunakan LOTO untuk Menghindari Energi Berbahaya

Tahukah kamu?

Setiap mesin atau peralatan produksi memerlukan perbaikan dan perawatan rutin. Namun, tidak dapat dihindari jika pada saat proses pemasangan, perbaikan, dan perawatan tersebut dapat membahayakan pekerja. Kecelakaan dan cedera serius bisa saja terjadi karena mesin atau peralatan tersebut secara tidak sengaja melepaskan energi berbahaya. Wah, tentu ini akan memberikan dampak buruk.

 

Apa itu Energi Berbahaya?

Sumber energi termasuk listrik, mekanik, hidrolik, pneumatik, kimia, termal, atau sumber lain dalam mesin dan peralatan bisa saja menjadi musuh bagi pekerja lantaran bahaya yang akan ditimbulkan. Pelepasan energi yang disimpan dalam mesin dan peralatan tersebut dapat mengakibatkan cedera serius atau kematian bagi pekerja. Sehingga energi yang dikeluarkan tersebut dikatakan sebagai energi berbahaya.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari energi berbahaya tersebut? Lockout Tagout atau biasa disebut LOTO dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. LOTO dapat digunakan pekerja saat melakukan perbaikan dan perawatan mesin atau peralatan.

 

Apa itu LOTO?

LOTO adalah alat yang digunakan untuk mengisolasi energi berbahaya dan mengendalikan mesin atau peralatan. Isolasi energi ini akan melindungi pekerja dari kemungkinan terjadinya pelepasan energi berbahaya dari mesin, instalasi listrik, atau peralatan lain yang sedang diperbaiki dan dalam perawatan.

Lockout adalah kegiatan mengisolasi atau mengunci sumber energi berbahaya menggunakan peralatan khusus untuk penguncian. Peran lockout sangatlah penting untuk memastikan keselamatan pekerja sebelum melakukan perbaikan atau perawatan. Sedangkan Tagout adalah pelabelan yang digunakan sebagai peringatan bahaya dan menunjukkan bahwa tidak ada yang boleh mengoperasikan sakelar atau peralatan di mana tag itu terpasang.

 

Mengapa LOTO Dinilai Begitu Penting?

Occupational Safety and Health Administration (OSHA) memperkirakan LOTO yang dilakukan sesuai standar bisa mencegah 120 korban jiwa dan 50.000 cedera pada pekerja setiap tahun.

Ketidaksengajaan mengoperasikan kembali peralatan yang sedang diperbaiki atau pelepasan energi berbahaya dari mesin secara tiba-tiba menyebabkan cedera serius bagi pekerja dan bisa merusak peralatan itu sendiri. Di sinilah peran LOTO sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan melindungi peralatan yang sedang diperbaiki atau dalam perawatan akibat permasalahan tersebut.

 

Kapan LOTO harus digunakan?

Sebaiknya Anda menggunakan LOTO ketika:

  1. Pemeliharaan pada mesin atau sekitar mesin sedang dilakukan, di mana hal-hal berbahaya dapat terjadi akibat mesin hidup secara tidak terduga atau lepasnya energi yang tersimpan.
  2. Memperbarui mesin atau peralatan baru.
  3. Pengaman atau alat keselamatan lainnya harus dipindahkan.
  4. Pekerja meletakkan sebagian atau seluruh tubuhnya dalam mesin atau peralatan di mana terdapat risiko terjepit oleh mesin yang bergerak.

 

Bagaimana Prosedur Pemasangan dan Pelepasan LOTO?

Prosedur Pemasangan LOTO

  1. Lakukan persiapan untuk mematikan mesin atau peralatan dan memutuskan sambungan.
  2. Memberitahu dan memperingatkan setiap orang yang berhubungan dengan peralatan atau terlibat dengan proses mematikan peralatan. Pemberitahuan ini dilakukan oleh petugas yang berwenang (authorized employee).
  3. Peralatan dimatikan secara normal.
  4. Mengisolasi peralatan
  5. Memasang Lockout serta Tagout
  6. Lepaskan atau buang daya yang tersisa bila ada
  7. Verifikasi kembali bahwa daya telah dimatikan

 

Prosedur Pelepasan LOTO

  1. Pelepasan LOTO harus dilakukan oleh authorized employeeyang melakukan pemasangan LOTO.
  2. Pastikan peralatan yang diperbaiki atau dalam perawatan telah aman untuk dioperasikan kembali.
  3. Pindahkan peralatan kerja dan pengaman.
  4. Periksa semua pekerja yang berhubungan dengan mesin atau peralatan dalam kondisi aman.
  5. Lepaskan LOTO orang yang memasangnya.
  6. Beritahu seluruhnya pekerja yang terkait dengan peralatan bahwa peralatan akan dioperasikan kembali
  7. Hidupkan daya
  8. Peralatan/mesin yang sudah diperbaiki bisa digunakan kembali
kelistrikan\ LOTO

Jadi, LOTO merupakan prosedur keselamatan yang penting yang melindungi pekerja dari cedera ketika bekerja dengan atau dekat komponen dan peralatan bertenaga seperti tenaga listrik, hidrolik, tekanan dan sebagainya. LOTO sangat penting bagi kehidupan serta harus dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya.

Kamu siap untuk memahami LOTO atau tips dan trik dalam mengimplementasiannya? Synergy Solusi melalui Indonesia Safety School (ISC) siap membantu. Segera konsultasikan bersama kami di https://www.synergysolusi.com/

    Sumber: https://safetysign.co.id/

 
 
 
Web Analytics