7 Bahan Kimia Berbahaya Bagi Manusia

News

We provide the latest news to stay update with what's happening now.


Keberadaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dihindarkan. Penggunaannya sangat luas, untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Bahan kimia memiliki fungsi dan manfaat yang baik jika paham dan tepat dalam menggunakannya. Namum, keberadaaannya dapat membahayakan jika dalam jumlah yang banyak dan tidak tepat. 

Kegiatan industri seperti mengolah, menyimpan, mengedarkan, mengangkut, dan menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya akan terus meningkat sejalan dengan perkembangan zaman sehingga risiko timbulnya bahaya bagi industri, tenaga kerja, lingkungan maupun sumber daya lainnya pun akan meningkat.

Menurut Keputusan Menteri No.187/MEN/1999 tentang Pengendalian Bahan Kimia Berbahaya di Tempat Kerja, Bahan Kimia Berbahaya adalah bahan kimia dalam bentuk tunggal atau campuran yang berdasarkan sifat kimia dan/atau fisika dan/atau toksikologi berbahaya terhadap tenaga kerja, instalasi dan lingkungan. Keberadaaan bahan kimia berbahaya di industri memiliki ambang batas kuantitas yang diperbolehkan, nilainya bergantung pada jenis dan sifat bahan kimia itu sendiri.

Berikut adalah 7 Bahan Kimia yang membahayakan bagi kesehatan manusia dan cukup sering dijumpai pada industri:

bahan kimia

 

Pelabelan bahan-bahan berbahaya tersebut merupakan salah satu cara penting untuk mencegah penyalagunaan dan penanganan yang dapat meyebabkan kecelakaan. Sedangkan lembar data keselamatan bahan adalah lembar petunjuk yang berisi informasi tentang sifat fisika dan kimia dari bahan berbahaya, jenis bahaya yang dapat ditimbulkan, cara penanganan dan tindakan khusus yang berhubugan dengan keadaan darurat. Sifat bahan kimia antara lain beracun, korosif, reaktif, mudah meledak, oksidator, dan mudah terbakar. Penyimpanan dari masing-masing bahan tersebut harus diperhatikan untuk menghindari terjadinya reaksi yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, butuhkan personel yang bertanggung jawab dalam penangan bahan-bahan berbahaya yang digunakan oleh perusahaan. Synergy Solusi sebagai salah satu penyedia jasa K3, memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi personel dalam melakukan penanganan bahan kimia berbahaya.

Web Analytics

Event ILDL

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Wita

0811-1797-484

 

For Training in Surabaya, Makassar & Bali

Call Laksmi

+62 811-1798-354

 
Web Analytics