Safety News

Meskipun kita mengetahui bahwa jumlah kecelakaan kerja di tahun 2019 sudah mengalami penurunan jumlah, masalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di tempat kerja masih menjadi tantangan yang cukup berat di Indonesia. Pengusaha ataupun pemimpin perusahaan memiliki banyak alasan untuk mengkhawatirkan tidak efektifnya penerapan K3 di lingkungan kerjanya.

Read more ...

Semua sistem perancah (scaffolding) harus diperiksa oleh HSE inspektur sebelum digunakan di tempat kerja untuk memastikan kepatuhan terhadap persyaratan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Pemeriksaan juga harus dilakukan secara berkala di semua tempat perancah digunakan. Hasil dari pemeriksaan secara berkala ini juga harus dicatat kemudian diberi tanda di setiap perancah untuk menginformasikan perancah yang aman dan tidak aman.

Read more ...

Kalian sudah tahu cara menghitung kebutuhan perancah pada proyek pembangunan? Sebagai penanggung jawab proyek, kita bertanggung jawab untuk memilih perancah yang tepat untuk pekerjaan yang kita lakukan.

Read more ...

Perancah atau sering kita kenal dengan Scaffolding merupakan konstruksi pembantu pada pekerjaan di bangunan tinggi. Perancah dibuat apabila pekerjaan bangunan mencapai ketinggian 2meter dan tidak dapat dijangkau oleh pekerja tanpa adanya alat bantu.

Read more ...

Jasa konstruksi adalah industri dengan bahaya tinggi yang terdiri dari berbagai kegiatan yang melibatkan pembangunan, perubahan, dan/atau perbaikan. Contohnya, konstruksi perumahan, pembangunan jembatan, pengaspalan jalan, penggalian, penghancuran, dan pekerjaan pengecatan dengan skala besar. Pekerja konstruksi terlibat dalam banyak kegiatan yang dapat menghadapkan mereka dengan bahaya yang serius, seperti jatuh dari atap, kecelakaan yang melibatkan mesin yang tidak terjaga, terkena peralatan konstruksi berat, listrik, debu silika, dan asbes. Untuk itu penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam industri jasa konstruksi sangatlah penting.

Read more ...

Penerapan Sistem Manajemen K3 berdasarkan Peraturan Pemerintah No 50 tahun 2012 tentang Sistem Manajemen K3, mewajibkan perusahaan memiliki 1 orang personel K3 dengan bukti penunjukkan dari Kementerian sebagai Ahli K3 Umum.

Read more ...

Perusahan-perusahaan yang menerapkan sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan kerja (SMK3) pasti mengenal Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3). Namun bagi perusahaan yang baru akan menerapkan SMK3 di perusahaannya, penting untuk mengenal terlebih dahulu apa itu Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan mengapa Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja ini diperlukan perusahaan.

Read more ...

Dalam usahanya menerapkan K3 Listrik di tempat kerja dan memenuhi peraturan yang berlaku di Indonesia, terkadang perusahaan mengalami kebingungan terutama dalam hal pemenuhan kompetensi personel K3 Listrik. Mari kita simak beberapa pertanyaan yang kerap muncul terkait personel K3 Listrik:

Read more ...

Pengimplementasian K3 listrik di tempat kerja merupakan salah satu hal paling penting untuk melindungi seluruh aset perusahaan baik materi maupun karyawan. Pada proses pengimplementasiannya, K3 Listrik tidak hanya dilaksanakan oleh perusahaan saja, namun juga melibatkan pihak lain, seperti Pengawas Ketenagakerjaan spesialis K3 Listrik dan PJK3. PJK3 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa K3 untuk membantu pelaksanaan pemenuhan syarat-syarat K3 sesuai dengan peraturan perundangan.

Read more ...
 
 
 
Web Analytics