Latest Event

Cara Mencegah Kebakaran Proyek Akibat Kebiasaan Pekerja Merokok

Proyek yang sudah dibangun dengan susah payah bisa lenyap dalam sekejap akibat bahaya kebakaran yang dapat terjadi kapan saja, tak terbayangkan betapa besar kerugian waktu, biaya serta tenaga apabila bencana ini terjadi.

 

Beragam hal dapat menjadi sumber penyebab malapetaka ini termasuk diantaranya adalah akibat kebiasaan pekerja yang suka merokok sembarangan. penyebabnya seringkali sepele, yaitu membuang sisa puntung rokok yang ternyata masih ada apinya ke area mudah terbakar, hasilnya seluruh proyek bisa ikut terbakar habis  sebelum pemadam kebakaran datang.

Namun sebagai seorang engineer teknik sipil tentu punya kiat-kiat jitu dalam mengatasi masalah ini, nah.. sebagai bahan masukan atau sekedar penyegar kembali disini kita mencoba menuliskan beberapa solusi yang mungkin dapat dipraktekan sebagai upaya mencegah terjadinya bahaya kebakaran di proyek.

 

Cara mencegah kebakaran proyek akibat kebiasaan pekerja merokok:

Di Awasi, kontraktor menugaskan personel khusus untuk melakukan pekerjaan pengawasan bekerjasama dengan para mandor atau kepala tukang agar para pekerja proyek tidak merokok pada area yang berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran. bisa juga dengan membuat peraturan tegas seperti denda pemotongan gaji apabila ketahuan merokok di area proyek.

Di Ajari, Melakukan penyuluhan kepada para pekerja agar mengurangi atau bahkan tidak merokok sama sekali, melakukan sosialisasi tentang bahaya akibat merokok dan membantu para pekerja agar bisa lepas dari jeratan ketagihan rokok. Memberikan bonus hadiah bagi pekerja yang tidak merokok selama pelaksanaan pekerjaan berlangsung.

Di Ingatkan, Memasang rambu-rambu untuk mengingatkan pekerja untuk tidak merokok, misalnya bertuliskan kata-kata berbahasa lembut yang berbunyi “TERIMAKASIH ANDA TIDAK MEROKOK”.

Di Fasilitasi, Membuat area yang secara khusus disediakan untuk merokok, tempat ini diletakan pada area yang aman dari bahaya kebakaran serta dibuat senyaman mungkin agar bisa dimanfaatkan pekerja dengan baik untuk menyalurkan hobi merokok. dengan begini maka seluruh area proyek selain tempat tersebut adalah tempat larangan untuk merokok.

Di Amankan, Menyiapkan alat pemadam kebakaran pada titik-titik rawan agar sewaktu-waktu dapat digunakan untuk memadamkan api kecil yang bisa berpotensi untuk membesar.

 

Begitulah beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi aktifitas merokok pekerja di area proyek agar tidak menimbulkan bahaya kebakaran. Semoga seluruh pekerja proyek di Indonesia maupun dunia dapat bekerjasma dengan baik dalam hal ini

 
Sumber: www.ilmusipil.com

 

Infografis

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Rini

0811-1798-350

 

For Training in Surabaya, Makassar & Bali

Call Laksmi

+62 811-1798-354

 

Latest Event

Inhouse Training Teknisi K3 Listrik di PT Indonesia Comnet Plus
Public Training Ahli K3 Umum ISC Safety School Surabaya
Inhouse Training Awareness Safety Construction PT Acset Indonusa Tbk
Inhouse Training Risk Management Safety PT. Vopak Terminal Merak
Inhouse Training Operator Boomlift PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia

Get Our Regular Safety Ebook

Stay on top of the latest and greatest

Follow us on

Web Analytics