Kecelakaan Kerja Jatuh dari Ketinggian di Indonesia

Bekerja di ketinggian merupakan pekerjaan yang beresiko. Bahaya utama yang terkait dengan bekerja di ketinggian adalah orang-orang yang jatuh dan benda-benda yang jatuh ke orang di bawahnya. Ini dapat terjadi sebagai akibat dari perlindungan yang kurang memadai, atau dari benda-benda yang digunakan tidak dirawat dengan baik.

Berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan 2015, jumlah kecelakaan kerja mencapai 105.182 kasus. Dari total tersebut, 38% dari total tersebut adalah kecelakaan pekerja jatuh dari ketinggian.

Upaya pencegahan pekerja jatuh dari ketinggian

  1. Memberikan pembelajaran bagi setiap pekerja yang hendak masuk kerja di proyek, bisa diajarkan mengenai cara menjaga keselamatan diri dan bagaimana cara memakai alat-alat pelindung diri.
  2. Setiap pekerja yang bekerja di ketinggian wajib memakai alat pelindung diri seperti safety belt, safety body harnest, helm dll.
  3. Kontraktor menyediakan personil khusus yang bertugas mengawasi pekerja proyek agar selalu mengenakan alat pelindung diri.
  4. Memasang rambu-rambu pengaman untuk mengingatkan pekerja agar selalu berhati-hati.
  5. Mengadakan acara safety meeting, mengumpulkan pekerja dan seluruh personil yang terlibat dalam aktifitas proyek sehingga bisa memberikan mereka penyuluhan dan peringatan mengenai keselamatan kerja.
  6. Berhenti bekerja saat hujan, saat kelelahan dan saat situasi membahayakan.
  7. Memasang ralling pengaman pada tepian struktur gedung, agar pekerja tidak terlalu ketepian.
  8. Memasang horizontal net dan vertikal net.
  9. Hukuman bagi pekerja yang tidak mengenakan alat pelindung diri dengan benar, misalnya dikenai denda atau tidak diperkenankan bekerja dilingkungan proyek.
  10. Setiap pagi sebelum mulai bekerja semua pekerja berkumpul melakukan briefing dan doa pagi agar diberikan kelancaran dan bisa bekerja dengan aman dan selamat.
  11. Meningkatkan kompetensi dan skill pekerja di ketinggian melalui pelatihan atau training yang sudah ditunjuk oleh badan pemerintahan, sehingga pekerja memiliki lisensi yang diakui dalam menjalankan pekerjaan di ketinggian.

ISC Safety School Menyelenggarakan Training Tenaga Kerja Pada Ketinggian Tingkat 1 Sertifikasi Kemnaker RI dengan keterangan sebagai berikut:


Daftarkan diri Anda dalam Training Tenaga Kerja Pada Ketinggian Tingkat 1 Sertifikasi Kemnaker RI berikut (Pasti Running):
Dapatkan Voucher Rp 200.000,- dengan melakukan pendaftaran H-2 Minggu Pelatihan.

Jakarta: 23 - 25 Maret 2017
Contact Person: Kartika | 0811-1797-484 | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Surabaya: 10 - 12 April 2017
Contact Person: Ardi | 0811-1798-354 | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Infografis

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Nurwita

+62 811-1797-484

 

For Training in Surabaya & Makassar

Call Yanuar

+62 811-1798-354

 

Latest Event

Inhouse Training Teknisi K3 Listrik di PT Indonesia Comnet Plus
Public Training Ahli K3 Umum ISC Safety School Surabaya
Inhouse Training Awareness Safety Construction PT Acset Indonusa Tbk
Inhouse Training Risk Management Safety PT. Vopak Terminal Merak
Inhouse Training Operator Boomlift PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia

Get Our Regular Safety Ebook

Stay on top of the latest and greatest

Follow us on

Web Analytics