Kepemimpinan dalam Sistem Manajemen K3

Keterlibatan dan kepedulian top management dalam pemenuhan standar K3 di Lingkungan kerja saat ini dirasa masih sangat kurang terutama di industri-industri maupun perusahaan yang masih berkembang sehingga  sering  menimbulkan  kerugian  seperti  kecelakaan  kerja  dan  yang  lainnya.  Banyak  yang mengeluhkan bahwa top management kurang mensupport dalam pemenuhan standar k3 di perusahan dengan alasan high cost, tidak punya nilai keuntungan, dan lain-lain.

Mengenal tentang APAR

Alat pemadam api ringan (APAR) atau fire extinguisers adalah alat pemadam api yang mudah dipergunakan oleh satu orang untuk memadamkan api pada awal terjadinya kebakaran. APAR dapat berupa tabung jinjing, gendong  maupun  beroda.  Berbagai  hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  APAR  berhasil  menanggulangi sekitar 30 % kejadian kebakaran. Oleh karena sifatnya yang hanya dapat menanggulangi kebakaran awal dan mudah dipergunaka oleh satu orang maka APAR biasanya hanya mempunyai durasi semprot yang relatif singkat (dalam bilangan menit).

Bahaya Sengatan Listrik

Jenis arus, besarnya tegangan, ketahanan tubuh serta lamanya sengatan mempengaruhi dampak yang terjadi akibat sengatan listrik. Sangat banyak dampak sengatan listrik yang berujung dengan kematian. Mungkin kita pernah melihat orang meninggal yang disengat listrik, hanya memiliki luka kecil di daerah tubuh yang berhubungan dengan sumber listrik. Namun ternyata, bentuk luar tubuh yang tidak parah bukan berarti organ-organ tubuh di dalam tidak mengalami luka.

Ergonomi  dipopulerkan  pertama  kali  pada  tahun  1949  sebagai  judul  buku  yang  dikarang  oleh  Prof.  Murrel.  Sedangkan  kata  ergonomi  itu  sendiri  berasal  dari  bahasa  Yunani  yaitu  ergon  (kerja)  dan  nomos  E (aturan/prinsip/kaidah).  Istilah  ergonomi  digunakan  secara  luas  di  Eropa.  Di  Amerika  Serikat  dikenal  istilah  human factor atau human engineering. Kedua istilah tersebut (ergonomic dan human factor) hanya berbeda pada  penekanannya.  Intinya  kedua  kata  tersebut  sama-sama  menekankan  pada  performansi  dan  perilaku  manusia.

Tips Cara Melakukan CPR bagi Orang Awam

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, diamana saja dan kepada siapa saja. Itulah kalimat utama yang harus kita pahami bersama. kecelakaan bisa terjadi di rumah, ditempat rekreasi, puncak gunung, di tempat kerja, atau bahkan saat kita mengendarai sepeda motor sekalipun yang sedang berjalan. Hal terpenting yang harus kita lakukan adalah bersiap diri terhadap dampak yang akan ditimbulkan atau setidaknya dapat Mengurangi dampak yang terjadi sehingga dapat menyelamatkan jiwa dengan ilmu pertolongan pertama yang kita miliki. Salah satu bentuk tindakan pertolongan pertama adalah CPR (Cardiopulmonary resuscitation) atau di Indonesia bisa disebut juga dengan Resusitasi Jantung Paru (RJP).

Testimoni

PT Sompo Insurance Indonesia Inhouse Training Floor Warden
PT Sompo Insurance Indonesia Inhouse Training Floor Warden
PT Sompo Insurance Indonesia Inhouse Training Floor Warden

Find Us On Facebook

 

Training Terdekat

Mengapa Harus ISC?

Latest Event

Inhouse Training Teknisi K3 Listrik di PT Indonesia Comnet Plus
Public Training Ahli K3 Umum ISC Safety School Surabaya
Inhouse Training Awareness Safety Construction PT Acset Indonusa Tbk
Inhouse Training Risk Management Safety PT. Vopak Terminal Merak
Inhouse Training Operator Boomlift PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia

Get Our Regular Safety Ebook

Stay on top of the latest and greatest

Follow us on