Olahraga Ringan yang Bisa Anda Lakukan di Meja Kerja

Berkutat selama delapan jam bekerja di balik meja dan menghadap komputer ternyata tidak senyaman yang dibayangkan. Terlalu lama duduk ternyata beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit. Richard Beasley, seorang profesor dari Wellington Hospital di Selandia Baru mengatakan bahwa ancaman bahaya akan menghampiri

Anda bila kerja delapan jam tiap hari dengan hanya berkutat di sekitar meja, atau menghabiskan tiga jam berturut-turut dengan sekedar duduk mengoperasikan laptop.

Beasly menganjurkan kepada pekerja kantor untuk melakukan peregangan ringan untuk mempertahankan kelancaran aliran darah. Pernyataan ini juga sejalan dengan hasil riset yang dilakukan di Italia yang menyatakan bahwa peregangan otot yang dilakukan secara rutin terbutkti bisa menurunkan kasus sakit kepala yang dialami oleh karyawan kantor.

Nah, berikut ini ada beberapa gerakan ringan yang bisa dilakukan untuk meregangkan otot selama bekerja di belakang meja. Gerakan-gerakan ringan ini bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan meja kerja.

1. Peregangan Leher

Cara yang salah untuk meregangkan otot leher adalah dengan membunyikannya. Cara ini justru bisa menimbulkan kerusakan sendi leher. Gerakkan leher secara perlahan dengan menengok ke kiri dan kanan dan memiringkannya ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini bisa dilakukan kapan saja untuk mengurangi ketegangan serta tekanan di daerah leher dan pundak.

2. Peregangan Bahu

Putarkan bahu anda ke arah depan sekitar 10 hingga 15 kali, dan lakukan juga sebaliknya dengan memutar bahu ke belakang. Untuk lengan dan bahu caranya bisa dengan melebarkan tangan selebar bahu lalu tautkan kedua tangan ke depan meja sembari mendorong maju bahu dan siku mendekati meja kerja.

3. Pergelangan Tangan

Putarkan pergelangan tangan anda sebanyak 10 hingga 15 kali searah jarum jam. Kemudian lakukan juga ke arah berlawanan dengan jumlah yang sama. Gerakan seperti ini bisa mencegah Carpal Tunnel Syndrome, terutama untuk Anda yang menghabiskan waktu untuk mengetik.

4. Pergelangan Kaki

Sama seperti peregangan pergelangan tangan, putar secara perlahan pergelangan kaki searah jarum jam dan sebaliknya. Hal ini bisa membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya kesemutan akibat sirkulasi darah yang kurang lancar atau terpotong.

5. Peregangan Dada

Jika Anda sering membungkuk di depan keyboard sebaiknya lakukan peregangan yang satu ini. Buka tangan Anda lebar-lebar seperti ingin memeluk seseorang. Kemudian putar pergelangan tangan secara eksternal (posisi jempol naik turun) dan tarik bahu perlahan kembali. Peregangan ini akan menggerakkan tubuh ke arah berlawanan dengan bungkuk.

6. Peregangan Perut

Tarik otot perut kemudian tahan selama beberapa detik dan lepaskan perlahan. Ulangi gerakan ini setiap beberapa menit sepanjang hari.

Menata meja kerja terbukti juga bisa membantu mengurangi ketegangan selama bekerja. Atur posisi monitor sejajar dengan mata, dan usahakan tangan tidak menggantung saat mengetik. Jika memungkinkan, cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan sejenak setelah beberapa jam duduk. Mengalihkan pandangan mata dari monitor komputer juga bisa membantu mengurangi ketegangan mata.

 

 

Sumber: infojakarta.net

Infografis

More info

For Training in Jakarta

Call Riasti Sundaya

+62 811-1797-484

 

For Training in Surabaya & Makassar

Call Dirga

+62 811-1798-354

 

For Training in Balikpapan

Call Loli

+62 811-9334-860

 

 

 

Latest Event

Inhouse Training Teknisi K3 Listrik di PT Indonesia Comnet Plus
Public Training Ahli K3 Umum ISC Safety School Surabaya
Inhouse Training Awareness Safety Construction PT Acset Indonusa Tbk
Inhouse Training Risk Management Safety PT. Vopak Terminal Merak
Inhouse Training Operator Boomlift PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia

Get Our Regular Safety Ebook

Stay on top of the latest and greatest

Follow us on

Web Analytics