Rahasia Dibalik Warna Helm Safety

Kenapa warna safety helmet dibuat mencolok atau terang? Kenapa warna safety helmet itu berbeda-beda? Apa sih arti warna safety helmet? K3 Umum. Nah, sebagian dari Anda pasti pernah melihat karyawan yang menggunakan safety helmet atau helm proyek K3 Umum.

Tentu yang terlintas dalam pikiran Anda ketika melihat seseorang menggunakan helm tersebut adalah pekerja bangunan atau seorang kontraktor.

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke sebuah proyek bangunan juga pasti pernah melihat safety helmet diletakkan di depan/ belakang kaca kendaraan, K3 Umum. Ternyata hal ini memiliki arti tersendiri, bagi mereka yang mengetahui jabatan seseorang dalam suatu proyek, mereka akan mengetahui bahwa yang berada di dalam kendaraan tersebut adalah seorang insinyur atau pekerja umum.

Kalau Anda perhatikan, biasanya warna safety helmet K3 Umum yang diletakkan di depan/belakang kaca kendaraan adalah safety helmet berwarna putih. Kenapa berwarna putih? Karena helm tersebut hanya dipakai oleh orang yang memiliki jabatan tinggi, seperti insinyur, manajer, atau pihak manajemen. Oleh karena itu, mereka yang memakai safety helmet warna putih akan lebih dihormati karena memiliki jabatan tinggi.

Ini dia arti warna safety helmet yang digunakan untuk mencerminkan posisi atau jabatan seseorang!

  1. Safety helmet warna putih biasanya digunakan oleh insinyur, manajer, pengawas, dan mandor
  2. Safety helmet warna biru biasanya digunakan oleh site supervisor, electrical contractor, atau pengawas sementara
  3. Safety helmet warna kuning biasanya digunakan oleh sub contractor atau pekerja umum
  4. Safety helmet warna hijau biasanya digunakan oleh pengawas lingkungan
  5. Safety helmet warna pink biasanya digunakan oleh pekerja baru atau magang
  6. Safety helmet warna oranye biasanya digunakan oleh tamu perusahaan
  7. Safety helmet warna merah biasanya digunakan oleh safety officer yang bertanggung jawab untuk mengontrol sistem keselamatan sudah terpasang dan berfungsi sesuai standar yang telah ditetapkan

Klasifikasi safety helmet K3 Umum di atas bukanlah aturan baku di setiap negara atau perusahaan. Sebagai contohnya, para pekerja di Petronas, karyawan yang menggunakan safety helmet warna kuning adalah divisi Operation Department yang dianggap divisi paling penting dan terdiri dari engineer yang ahli. Maka, di perusahaan mereka, safety helmet berwarna kuning memiliki kelas paling tinggi, sementara di tempat proyek bangunan, safety helmet warna kuning adalah kelas paling rendah, yaitu pekerja umum.

Apapun warna safety helmet K3 Umum yang digunakan seseorang, yang terpenting adalah fungsinya tetap sama, yaitu melindungi kepala dari risiko tertimpa benda berbahaya di area kerja. Khusus bagi Anda yang bekerja di ketinggian dengan kondisi angin kencang, gunakan selalu chain strip (tali dagu) untuk menghindari helm yang digunakan lepas karena tertiup angin kencang.

Sumber : www.SafetySign.co.id

Infografis

Mengapa Harus ISC?

More info

For Training in Jakarta

Call Nurwita

+62 811-1797-484

 

For Training in Surabaya & Makassar

Call Yanuar

+62 811-1798-354

 

For Training in Balikpapan

Call Nurmarini

+62 811-9334-860

Latest Event

Inhouse Training Teknisi K3 Listrik di PT Indonesia Comnet Plus
Public Training Ahli K3 Umum ISC Safety School Surabaya
Inhouse Training Awareness Safety Construction PT Acset Indonusa Tbk
Inhouse Training Risk Management Safety PT. Vopak Terminal Merak
Inhouse Training Operator Boomlift PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia

Get Our Regular Safety Ebook

Stay on top of the latest and greatest

Follow us on

Web Analytics