Kebakaran merupakan musibah yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Baik kebakaran pada gedung kantor, pusat perbelanjaan, hingga kebakaran hutan. Kebakaran tersebut menghasilkan kerusakan yang serius terhadap properti dan bahkan menyebabkan luka bakar dan kematian. Alasan yang paling sering adalah terjadi adalah karena kelalaian. Namun hal ini dapat dicegah dengan mengetahui klasifikasi atau kelas dari kebakaran. Hal ini bertujuan agar langkah yang kita lakukan tepat sasaran sesuai dengan media pemadam yang digunakan.

Jika kita membahas tentang klasifikasi kebakaran maka tak lepas dari National Fire Protection Association (NFPA). NFPA merupakan organisasi teknik dan pendidikan internasional yang memajukan ilmu pengetahuan dan metoda pencegahan maupun proteksi kebakaran. Standar dari NFPA digunakan secara luas di dunia tak hanya sebagai standar penanggulangan kebakaran namun juga untuk penanggulangan kelistrikan, gas, dan peralatan penunjang bangunan.

NFPA membagi klasifikasi (kelas) kebakaran menjadi 6 (enam) kelas. Klasifikasi (kelas) kebakaran berguna untuk menentukan media pemadam efektif memadamkan api atau kebakaran menurut sumber api atau kebakaran tersebut, serta berguna untuk menentukan tingkat keamanan jenis suatu media pemadam suatu kelas kebakaran berdasarkan sumber api.

Klasifikasi (kelas) kebakaran berdasarkan NFPA berikut dengan media pemadam efektifnya antara lain:
Kelas A : Kebakaran yang terjadi pada benda padat kecuali logam. Beberapa diantaranya yakni kayu, kertas, plastik, karet, kain. Kebakaran kelas A dapat dipadamkan dengan air, uap air, pasir, busa, karbondioksida (CO2), serbuk kimia kering, dan cairan kimia.
Kelas B : Kebakaran yang terjadi pada benda gas, uap atau cairan . Beberapa diantaranya bensin, solar, minyak tanah, aspal, alkohol, dan elpiji. Kebakaran kelas B dapat dipadamkan dengan pasir maupun tanah (untuk area kebakaran yang kecil). Pada kelas B, kebakaran tidak boleh dipadamkan dengan air sebab air bisa mengalir dan meluas, sehingga kebakaran semakin menyebar.
Kelas C : Kebakaran yang terjadi pada peralatan listrik bertegangan. Kebakaran kelas ini biasanya terjadi akibat korsleting listrik sehingga menimbulkan percikan api yang membakar benda-benda di sekitarnya. Pemadam berupa air tidak boleh digunakan. Air adalah konduktor (penghantar listrik) dan akan menyebabkan orang-orang yang berada di area tersebut tersengat listrik. Kebakaran kelas C dapat dipadamkan dengan serbuk kimia kering, uap air, dan karbondioksida (CO2)
Kelas D : Kebakaran yang terjadi pada bahan logam (magnesium, almunium, kalium, dan sebagainya). Kebakaran kelas ini sangat berbahaya dan hanya dapat dipadamkan dengan serbuk kimia sodium klorida dan grafit.Kelas E yakni Kebakaran yang terjadi pada bahan-bahan radioaktif dan yang
terakhir yakni kebakaran Kelas K yang terjadi pada bahan masakan. Adapun cara memadamkannya yakni menggunakan APAR berisi cairan kimia dan atau karbondioksida.

Nah, itulah beberapa klasifikasi dari kebakaran sehingga kita bisa menentukan media mana yang tepat untuk digunakan. Synergy Solusi member of Proxsis sebagai perusahaan jasa training dan konsultasi yang membidangi isu-isu terkait keselamatan dan Kesehatan kerja, Lingkungan, oil and gas dan offshore, mendukung perusahaan yang ingin menerapkan sistem manajemen di perusahaan. Synergy solusi

si peduli terhadap upaya-upaya perusahaan dalam peningkatan Kesehatan dan keselamatan kerja dan Lingkungan di tempat kerja.Sumber:
https://sistemmanajemenkeselamatankerja.blogspot.com
http://www.firerescue-indonesia.org

Web Analytics

Infografis

Mengapa Harus ISC?

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Nurwita

+62 811-1797-484

 

For Training in Surabaya & Makassar

Call Yanuar

+62 811-1798-354

 

Latest Event

Inhouse Training Teknisi K3 Listrik di PT Indonesia Comnet Plus
Public Training Ahli K3 Umum ISC Safety School Surabaya
Inhouse Training Awareness Safety Construction PT Acset Indonusa Tbk
Inhouse Training Risk Management Safety PT. Vopak Terminal Merak
Inhouse Training Operator Boomlift PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia

Get Our Regular Safety Ebook

Stay on top of the latest and greatest

Follow us on

Web Analytics