Rencana Penanggulangan Kebakaran? Kenali Dulu Penyebabnya! | Fire Safety | Safety Article

Kebakaran adalah salah satu kejadian yang mengkhawatirkan bagi orang yang mengalaminya karena dapat mengakibatkan berbagai kerugian. Bangunan gedung dan perabotan hangus dan dokumen penting ikut terbakar. Tidak hanya materi, pihak yang mengalaminya juga bisa kehilangan anggota keluarga atau menderita cacat permanen akibat musibah ini. Oleh karena perencanaan penanggulangan kebakaran harus menjadi salah satu poin penting dalam rencana tanggap darurat dalam perusahaan agar kerugian akibat kebakaran dapat diminimalisir. Untuk membuat rencana penanggulangannya, kita harus mengetahui dulu penyebab terjadinya kebakaran yang paling sering terjadi. Mari simak infografik dan penjelasan berikut ini:

Human Error adalah Penyebab Terjadinya Kebakaran
Bencana kebakaran yang terjadi di rumah tangga atau pun di gedung perkantoran dapat terjadi karena beberapa faktor. Faktor utama yang sering kali menjadi penyebab terjadinya kebakaran adalah faktor kelalaian (human error). Kelalaian memang sifat dasar manusia yang tidak bisa dicegah namun dapat diminimalisir.

Bagaimanakah caranya?
Salah satu solusi terbaik untuk menghindari kebakaran akibat kelalaian adalah dengan cara memberikan karyawan sosialisasi dan pelatihan terkait penyebab terjadinya kebakaran. Pastikan bahwa karyawan di perusahaan Anda selalu peduli dengan keselamatan dan kesehatan kerja. Di samping itu, arahkan mereka untuk melaporkan setiap adanya potensi bahaya kebakaran agar dapat segera ditangani.

Bahan Mudah Terbakar Penyebab Terjadinya Kebakaran
Faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran adalah adanya bahan-bahan yang mudah terbakar di sekitar api menyala. Jika bahan mudah terbakar seperti kertas, kardus dan cairan flammable lainnya tidak dibuang secara teratur, maka dapat meningkatkan potensi bahaya terjadinya kebakaran.

Lalu, bagaimanakah solusinya?
Solusinya adalah jauhkan sampah yang mudah terbakar dari tempat yang memiliki sumber nyala api. Kemudian, pastikan juga bahwa cairan yang mudah terbakar tersebut disimpan dan disegel dengan benar. Jika ada tumpahan cairan, segera mungkin untuk dibersihkan.

Kebakaran di Tempat Kerja karena Peralatan Listrik
Kebakaran yang disebabkan oleh peralatan listrik adalah salah satu jenis penyebab kebakaran paling umum di tempat kerja. Beberapa peralatan listrik dan mesin panas memiliki potensi besar menyebabkan terjadinya kebakaran. Untuk menghindarinya, pastikan bahwa Anda selalu mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan lagi. Jangan pernah meninggalkan peralatan listrik selama satu malam kecuali jika itu sangat dibutuhkan.

Overheating Stop Kontak Menjadi Penyebab Terjadinya Kebakaran
Tahukah Anda? Bahwa terlalu banyak peralatan yang dipasang ke satu stop kontak dapat mengakibatkan overheating dan berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran. Untuk itu, selalu pastikan bahwa Anda menggunakan satu plug di setiap soket dan tidak menggunakan peralatan yang lebih dari 13 ampere untuk 3000 watt di seluruh stop kontak.

Rokok dapat Menyebabkan Kebakaran
Membuang puntung rokok sembarangan dapat menyebabkan kebakaran apabila terkoneksi dengan bahan yang mudah terbakar. Oleh sebab itu, di tempat kerja biasanya disediakan smoking area yang jauh dari bahan mudah terbakar. Jika Anda adalah perokok dan tidak bisa menghentikannya di hari kerja, pastikan bahwa setiap rokok yang akan dibuang telah mati dan dibuang dengan benar di tempat yang seharusnya.

Penyebab utama kebakaran dapat berkembang menjadi bencana besar bagi manusia adalah karena ketidakmampuan orang-orang yang terjebak di dalam bangunan untuk keluar dari bangunan tersebut secara cepat dan aman. Maka, penting kiranya kesadaran pimpinan di setiap tempat kerja untuk lebih fokus mendukung penerapan K3 Kebakaran atau kita kenal dengan fire safety di tempat kerjanya.

Untuk menanggulangi kerugian akibat banyaknya korban jiwa dari kejadian kebakaran, semua pekerja harus diberi instruksi dan pelatihan tentang prosedur penyelamatan diri dari kebakaran, karena prosedur ini harus menjadi unsur utama K3 dalam induction training pekerja. Secara rutin, pekerja harus mengikuti pelatihan penyelamatan diri dari kebakaran. Hal ini akan berjalan sinergis, jika manajemen tempat kerja, dalam hal ini manajemen di perkantoran juga sadar terhadap pentingnya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di perkantoran.

Di sini, Synergy Solusi hadir sebagai jawaban dari kegalauan para pimpinan dalam memberikan pelatihan terhadap pekerja. Synergy Solusi bergerak di bidang keselamatan dan Kesehatan Kerja yang akan memberikan kontribusi berarti bagi perkembangan safety di perusahaan Anda. Kami dapat membantu perusahaan Anda dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Bekerja bersama kami, dan ciptakan safety di dalam organisasi.

Web Analytics

Event ILDL

Mengapa Harus ISC?

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Wita

0811-1797-484

 

For Training in Surabaya, Makassar & Bali

Call Laksmi

+62 811-1798-354

 
Web Analytics