Mengenal Tentang Forklift dan Jenisnya | Construction Safety | Safety Article

Sejarah forklift pertama kali diawali pada tahun 1906, Pennsylvania Railroad memperkenalkan sebuah platform untuk baterai sebuah truk sebagai alat untuk memindahkan barang. Platform tersebut bernama forklift alias lift truck sebagai kendaraan alat berat yang banyak digunakan dan diciptakan untuk transportasi dan mengangkut material.


Bagaimana cara mengoperasikan kendaraan pengangkut logistik tersebut?

Oleh karena itu, kita harus berkenalan dengan bagian-bagian umum yang terdapat pada forklift, diantaranya;

  1. Fork Bagian utama dari sebuah forklift yang berfungsi sebagai penyangga untuk memindahkan material. Bagian ini berbentuk dua buah besi lurus dengan panjang rata-rata 2.5 meter, dengan posisi peletakan barang pada fork menentukan beban maksimal yang bisa diangkat oleh forklift.
  2. Carriege Ini merupakan bagian yang berfungsi sebagai sandaran dan pengaman bagi barang-barang dalam pallet untuk transportasi atau pengangkatan.
  3. Mast Bagian ini merupakan dua buah besi tebal yang terkait dengan hydrolic system dari sebuah forklift. Bagian tersebut berfungsi untuk lifting dang tilting.
  4. Overhead Guard Overhead Guard merupakan pelindung untuk pengemudi forklift dari kemungkinan terjadinya barang yang jatuh serta cuaca yang tidak terduga.
  5. Counterweight Bagian ini berguna untuk penyeimbang beban pada forklift, dimana letaknya berlawanan posisi dengan fork.

Berikut ini adalah jenis forklift berdasarkan transmisi yang digunakan:

  1. Automatic Transmission Forklift
    Pada umumnya forklift automatic lebih mudah dioperasikan dari pada manual, yang membedakan adalah tuas handlenya. Tuas handle untuk automatic forklift ada 4 bagian, yaitu:
    • Tuas pertama: untuk naik dan turun
    • Handle di setir sebelah kiri: untuk maju dan mundur
    • Tuas kedua: untuk cungkil.
    • Tuas ketiga: untuk geser kanan kiri.

Penggunaan forklift otomatis biasanya bagi perusahaan yang bebas polusi seperti; asap garment dan produk makanan. Cara pengoperasiannya juga sangat mudah, hal ini dilihat dari pedal bawah sebagai rem dan kopling.

  1. Manual Transmission Forklift
    Forklift jenis ini memiliki pedal yang sama seperti mobil pada umumnya, diantaranya ada pedal gas, kopling dan rem. Pengoperasian forklift ini lebih sulit dibanding automatic. Forklift manual tidak terdapat tuas handle maju dan mundur seperti automatic forklift. Forklift jenis ini terdapat gigi dan tuas handle naik turun serta cungkil. Kendaraan ini menggunakan bahan bakar solar dengan kapasitas daya angkut hingga 3 hingga 8 ton, sehingga digunakan di outdoor karena menghasilkan polusi yang banyak.

Synergy Solusi (member of Proxsis) siap membantu kamu untuk memahami lebih lanjut mengenai forkflift. Maka dari itu, jangan ragu untuk berkonsultasi bersama Synergy Solusi.

Sumber: www.alatberat.com

Event ILDL

Electrical Safety
HSE Performance Indicator
Ahli K3 Umum Kemnaker RI

Mengapa Harus ISC?

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Wita

0811-1797-484

 

For Training in Surabaya, Makassar & Bali

Call Laksmi

+62 811-1798-354

 
Web Analytics