Bahaya Sengatan Listrik

Jenis arus, besarnya tegangan, ketahanan tubuh serta lamanya sengatan mempengaruhi dampak yang terjadi akibat sengatan listrik. Sangat banyak dampak sengatan listrik yang berujung dengan kematian. Mungkin kita pernah melihat orang meninggal yang disengat listrik, hanya memiliki luka kecil di daerah tubuh yang berhubungan dengan sumber listrik. Namun ternyata, bentuk luar tubuh yang tidak parah bukan berarti organ-organ tubuh di dalam tidak mengalami luka.

Keselamatan  Kerja  Listrik yang Aman

Dampak  sengatan  listrik terhadap  tubuh  manusia  berbeda-beda reaksinya tergantung dari besarnya arus listrik yang mengenai atau melalui tubuh manusia. Kurang  dari  1  ma,  sensasi  sengatan  hanya terasa di tangan. Di atas 3 ma, berupa kejutan yang terasa sakit dan menyebabkan kecelakaan tidak langsung. 10 Ma lebih, otot menjadi kaku hingga tidak mampu melepaskan penghantar. Bila lebih dari 30 ma, terjadi kelumpuhan pada otot pernafasan (paru-paru). Di atas 50 ma, kemungkinan terjadinya gangguan irama pada salah satu bilik jantung Anda (ventrikel). Antara 100 ma hingga 4 A, sudah pasti mengganggu irama salah satu bilik jantung (ventrikel).

Sebuah lingkungan kerja yang aman tidak selalu cukup untuk mengontrol semua bahaya listrik potensial. Anda harus sangat berhati-hati dan bekerja dengan aman. Prinsip kerja aman akan membantu Anda mengendalikan Anda dan orang lain atas risiko cedera atau kematian dari bahaya di tempat kerja.
Jika Anda bekerja pada sirkuit listrik atau dengan alat-alat kelistrikan, Anda perlu menggunakan mengikuti Prinsip Kerja Aman:

Infografis

More info

For Training in Jabodetabek, Banten and Jabar

Call Nurwita

+62 811-1797-484

 

For Training in Surabaya & Makassar

Call Yanuar

+62 811-1798-354

 

Latest Event

Inhouse Training Teknisi K3 Listrik di PT Indonesia Comnet Plus
Public Training Ahli K3 Umum ISC Safety School Surabaya
Inhouse Training Awareness Safety Construction PT Acset Indonusa Tbk
Inhouse Training Risk Management Safety PT. Vopak Terminal Merak
Inhouse Training Operator Boomlift PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia

Get Our Regular Safety Ebook

Stay on top of the latest and greatest

Follow us on

Web Analytics